Sejarah Singkat

By Administrator 12 Jan 2022, 23:57:18 WIB

SEJARAH BERDIRINYA

CPA HIROSI

Oleh : Marshall Suebu S.Sos.,M.Si (MS)

(Pendiri CPA Hirosi Papua) 

     Ide mendirikan club Pencinta Alam sudah ada sejak saya duduk di bangku SLTP kelas II, ketika itu saya dibina dalam organisasi “Pramuka Gereja” atau dikenal dengan nama “PANDU GEREJA ADVENT”. Saya belajar tentang Tuhan dan ciptaan-NYA termasuk Manusia dan Alam Sekitar, pelajaran dan pengalaman ini saya dapati di kelas-kelas “KE-PANDUAN”, mulai dari club pamula,kelas pembangun, kemudian saya tamat dan masuk club remaja yaitu  “CLUB PATHFINDER” yaitu kelas sahabat, kelas teman, kelas penyelidik, kelas perintis, kelas penjelajah dan kelas pemimpin. Setelah tamat saya masuk club dewasa yaitu “Club MASTER GUIDE”dan saya ditamatkan menjadi “MASTER GUIDE” (Pemimpin Utama) pandu gereja advent Se-Dunia Provinsi papua. Pengalaman di club adventurer dan pathfinder di gereja advent membentuk saya menjadi pecintan Alam. Sejak di bangku SMP kelas II, saya sangat mengagumi logo/bendera kebesaran club pathfinder se-dunia yang berbentuk segita yang mempunyai makna rohani dan jasmani, maka saya bercita-cita untuk mendirikan club pencinta alam umum dan menggunakan bendera/logo segitiga dengan arti dan makna yang tidak jauh berbeda dengan pathfinder Club.

        Pada tahun 1990, MS duduk di bangku SMA kegiatan cinta alam antara lain, menjelajah/petualang di hutan dan lain-lain. Bersama teman-teman, MS bercita-cita akan mendirikan club pencinta alam yang akan menjaga sumber air di pegunungan Cycloops. Pada saat MS menjalani Pendidikan di universutas cendrawasih di tahun 1993 MS bersama-sama teman-teman sejurusan Antropologi, yakni: Bits waromi,Eduward rewang, eduward agaki,Boas wabiser, Reinhard mambrasar,Clif kuruwa, Desianus orno, Wardi sudirjo, dan lain-lain. kami mendirikan club pencinta alam dan di beri nama “GANTROCEN” (Gabungan Anak-anak Antropologi Uncen) walaupun tidak begitu lama organisasi kami berjalan namun banyak pengetahuan dan pengalaman indah yang terus mengakar bertumbuh di benak alam pikiran MS.

Pada tanggal 30 november tahun 2000 MS melakukan pendakian ke puncak peg.Cycloop (Dafonsoro), bertepatan dengan HUT MS. Alam peg.Cycloop Menantang MS Untuk mendirikan club dan menjaga kawasan Peg.Cycloop untuk kehidupan kita hari ini dan anak cucu kita di hari dan masa yang akan datang. Pada tanggal 5 januari 2001 MS berdiskusi dengan adik MS Lerry Suebu untuk mendirikan  Club Pencinta Alam, diskusi kami berlansung selama 5 (lima) hari, kemudin saya mempersiapkan struktur dan beberapa program untuk mendirirkan club.
        Pada tanggal 15 januari 2001, MS mendirikan Club pencinta alam di SMA Negeri 1 Sentani KAB,Jayapura. Pada hari itu MS mengumpulkan beberapa orang Siswa yang bergabung dalam CPA yang MS dirikan, Dari diskusi MS dengan siswa/I membawakan hasil yaitu Nama club kami (nama bunga Kembang sepatu), kebetulan waktu itu yang banyak ,memberikan usulan yaitu siswa perempuan antara lain fanda iriani,sulistio wati, Cohria fitri,Andini, Ratna, Novi kabarek, Inangsi dan lain-lain.akhirnya MS memberi nama Club kami adalah “Club Pencinta Alam Hibiscuss Rossa Sinencis” atau yang disingkat CPA HIROSI SMA N 1 sentani jayapura.
            Saudara Lerry Suebu adalah tokoh penting dan beliau adalah adik kandung MS yang slalu mendukung MS sehingga MS berhasil mendirikan CPA HIROSI untuk SMA N 1 sentani jayapura. Sejak 15 januari  2001, CPA HIROSI mulai melakukan kegiatan Pencinta Alam di SMA N 1 sentani, MS membuat struktur dan program serta aturan club, dan MS menunjuk adik Ronald Numberi sebagai ketua CPA HIROSI Cab, SMA N 1 sentani. Siswa pencinta alam waktu itu antara lain; lerry suebu, victor kopeuw, Ronald numberi, sulistiowati,choria fitri, andini, fanda iriani,inangsi kolimo,wipi menay,timotius,Michael awes, putrid arios, anita simanuntak, adi, simon kojiro, jafet nasatekay, ratna, anto serang (alm), Novi kabarek, isak tulaseket,dll. Kemudian pada waktu yang sama 15 januari 2001 MS dan adik MS lerry suebu menjalankan Cpa Hirosi Kab. Jayapura dengan memepersiapkan struktur organisasi, AD-ART dan kelas-kelas lingkungan.
        
Pada tahun 2002 bulan januari kami mulai menjalankan kelas lingkungan  yaitu, kelas larva, kelas kepompong dan kelas imago. Saat-saat itu, kami megalami tantangan yang berat karena club yang kami dirikan berbekal semangat dengan modal kerja keras dan percaya kepada pencipta alam semesta, yakni Tuhan. Tantangan mulai datang dari keluarga, tetangga, kerabat, teman, bahkan dari instansi pemerintah terkait. Tetapi itu tidak menyurutkan semangat dan tekat kami untuk terus maju.   Pada tahun 2004 kami berhasil mendapatkan sebuah lahan kritis di kaki pegunungan cyclop bagian selatan, tepatnya di RW VII kemiri sentani. Tanah adat milik Bapa philipus AK Suebu (Alm) yang diberikan HAK kelola kepada anaknya bpk. Jhon suebu. Karena lahan ini jauh dari pemukiman penduduk dan tempatnya pada kawasan penyamggah cagar alam cycloop.Sampai saat ini CPA HIROSI tetap bertumbuh dan berkembang begitu pesat ,memiliki banyak karya dan anak-anak yang bergabung dan terlibat serta apresiasi untuk pendidikan tentang Alam,Kerajinan atau keterampilan produktif(konopa), sanggar seni(sanggar seni reimay),sosial budaya dan lingkungan(SAHP]. JAYALAH DAN MAJU TERUS CPA HIROSI PAPUA.